Puasa Mutih Sarana Pembersihan Jiwa

Puasa Mutih – Hai… Sahabat aura semua, bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu sehat dan bahagia ya… Oke pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang salah satu ritual atau lelaku yang berfungsi sebagai sarana pembersihan jiwa. Yaitu lelaku atau ritual Puasa Mutih.

puasa mutih

Puasa mutih merupakan salah satu jenis laku puasa yang biasanya dilakukan oleh para spiritualis yang menginginkan adanya kemampuan dalam dirinya. Tidak hanya itu, banyak juga spiritualis yang melakukan lelaku puasa ini dengan tujuan untuk membersihkan diri dan jiwanya.

Sehingga ketika orang tersebut ingin mempelajari suatu keilmuan tertentu. Maka proses penerimaan keilmuan akan lebih lancar. Dan itulah sebabnya ketika seorang guru yang ingin menurunkan suatu keilmuan tertentu, biasanya ada syarat yang harus dilakukan dan salah satunya ya puasa mutih.

buka aura rezeki

Oya hal tersebut pun sama dengan petuah dari orang orang tua zaman dahulu, khususnya orang jawa yang mengatakan: “Nek sira kepingin ora tedas tapak kudhu gentur ing tapa, lan kabeh kuwi iso dituku kanthi ngelih

Artinya: Jika kamu ingin memiliki kemampuan kebal terhadap senjata dan memiliki kemampuan tinggi, maka kamu harus memperdalam semadi (meditasi), dan semuanya dapat dibeli dengan rasa lapar (puasa).

Hal yang disampaikan dalam kalimat tersebut adalah jika manusia ingin memiliki kemampuan dalam diri yang merupakan kekuatan gaib, maka ia harus gemar melakukan puasa dan kuat dalam semadi.

Lantas bagaimana cara melakukan lelaku atau ritual puasa, terutama puasa mutih ini dengan benar dan baik? Caranya sederhana, namun walaupun begitu tetap tekun, istiqomah dan ikhlas adalah kuncinya.

Tata Cara Puasa Mutih

Berikut adalah tata cara melakukan ritual puasa mutih, yang bisa Anda jadikan acuan atau bahan referensi:

  • Sahur dengan menggunakan nasi putih saja tanpa menggunakan lauk pauk dalam bentuk apapun.
  • Makanan yang dimakan hanya yang berwarna putih semua. Dalam hal ini, maka keberadaan garam untuk memberikan rasa diperbolehkan. Waktu sahur adalah sesaat sebelum adzan subuh (dilakukan seperti puasa ramadhan).
  • Untuk porsi makanan, ada yang beberapa orang menyatakan hanya sekenyang perut saja. Namun ada juga yang mengatakan dibatasi sebanyak atau sebesar kepalan tangannya sendiri dan tidak boleh lebih dari kepalan tangannya sendiri.
  • Buka puasa atau makan untuk membatalkan puasa mutih dapat dilakukan dengan menu makanan yang sama pada saat sahur.

Itulah tata cara yang bisa Anda gunakan sebagai bahan acuan atau referensi. Oya jika Anda diminta oleh guru Anda untuk melakukan puasa ini lebih dari satu hari (3 sampai 7 hari). Maka Anda hanya diperbolehkan makan pada saat sahur dan berbuka saja.

Dan untuk malam hari setelah berbuka, maka Anda tidak boleh makan lagi, Anda harus melanjutkan puasa seperti pada siang hari.

buka aura rezeki

Seperti yang sudah saya sampaikan di atas, bahwa bahwa biasanya puasa mutih digunakan untuk mendapatkan suatu kekuatan atau menguasai keilmuan tertentu. Sebenarnya ritual ini memiliki dasar, yaitu puasa sebagai sarana pembersihan diri dari dosa-dosa yang pernah dilakukan. Untuk bisa menerima sebuah kekuatan gaib dalam diri pelaku ritual.

Oya perlu Anda catat juga, bahwa sebelum melakukan ritual tersebut disarankan untuk melakukan mandi besar terlebih dahulu. Sebagai simbol penyucian diri. Nah mandi ini dilakukan pada sore hari, baru kemudian paginya melakukan puasa.

Dan untuk niat tentu saja harus sudah diucapkan ketika sedang melakukan mandi tersebut.

 46,321 total views,  1 views today